Friday, 24 April 2015

Cara memilih toko online yang bagus

Sudah banyak toko online saat ini. semua orang berlomba-lomba untuk membuat online shop.
yang saya perhatikan mereka itu lupa, dalam memikirkan standart yang harus mereka penuhi.
padahal ada cara standart yang mereka harus penuhi dalam menjalankan prosedur toko online.

walaupun banyak yang menjelaskan atau pun training tentang online shop. mereka tetap tidak tahu cara menjual yang baik. mereka hanya terfokus untuk mendirikan online shop nya.

inti dari sebuah online shop, adalah menjual, semakin banyak penjualan, semakin profit usaha itu.
sebelum mendapatkan banyak penjualan diperlukan satu pertanyaan mendasar, yaitu "apakah saudara sudah memiliki jiwa customer service/customer oriented/memberi dahulu pelayanan sebaiknya ?"

pertanyaan ini yang tidak pernah dipikirkan atau menjadi prinsip dari sebuah usaha. saya ambil contoh kenapa orang memilih bank bca daripada yang lain ? jawabannya karena bca memiliki kemudahan bagi customernya. mulai dari sms, internet, atm, dll. bca selalu mengikuti jaman dan memperbaiki teknologinya. bank yang lain bagus, hanya bca lebih bagus dalam kemudahan. contoh lagi bri, memiliki cabang di daerah sampai yang terkecil. itu yang dijadikan senjata pamungkas untuk memilih bri, jika punya saudara disana. catatan untuk bri, karena terknologi mereka sangat sederhana dan tidak menjadi fokus untuk ditingkatkan, karena bukan tidak mungkin, saat teknologi mereka dimaksimalkan, bri akan menjadi ikon, lebih dari yang lain. dan banyak contoh yang usaha mereka yang menonjolkan kekuatan mereka, untuk meraih pangsa pasar. dan jelas bahwa siapa yang menggunakan teknologi dengan baik, mereka pasti akan merebut pangsa pasar dengan baik. walaupun kecil, menengah, dan besar. itu bisa menambah nilai mereka dimata customer atau calon customer.

setelah mengetahui inti dari sebuah online shop yang baik, selanjutnya adalah cara untuk memilih.
langkah pertama adalah coba cari di search engine (saya pakai google) dengan kata kunci (nama online shop) mengecewakan, disana saudara akan mendapatkan hasil yang banyak.
langkah kedua banyak baca, kesalahan yang paling sering terjadi dan sistemnya apa. belajar dari sana
langkah ketiga carilah solusi untuk memecahkan masalah itu (diperlukan data apa saja untuk mengajukan klaim)
langkah keempat setelah memilih online shop dan memikirkan solusi, barulah mendaftar. usahakan selalu menggunakan data ktp (memang ini riskan, jika online shop nya kurang meyakinkan) siasati dengan data saudara pada waktu pendaftaran disimpan untuk suatu saat diperlukan
langkah kelima mulailah dengan transaksi kecil dahulu, catat kronologisnya (mulai dari waktu pemesanan, pembayaran, pengiriman, barang diterima, dll) karena itu penting jika terjadi sesuatu
langkah keenam haruslah cari call centernya, baik telp, email, twitter, fb, dll
langkah ketujuh tanyalah teman sekeluarga atau kantor atau teman, dll untuk mereka yang sudah pernah beli (walau itu tidak menjamin) setidaknya menjadi tolok ukur
langkah kedelapan setelah yakin, mulailah selamat mencoba

No comments:

Post a Comment