Kasus per tgl 5 mei 2015
saya melakukan penutupan rekening di Telkomsel. setelah saya membayar biaya penutupan, diberitahu bahwa saya bisa mendapatkan selisih dari penggunaan yang aktual. setelah itu customer carenya tidak ada pemberitahuan mengenai prosedur pengambilan secara detail, apa saja yang diperlukan. sehingga menyebabkan saya harus bolak balik kesana. yang akhirnya bahwa uang yang harus saya ambil sudah sama dengan biaya transport harus kesana. bahkan jika saya kesana ketiga kalinya maka saya harus rugi, karena ongkos transport kesana sudah melebihi dari selisih yang akan diambil
saya akan memberikan prosedur yang diharuskan
1. penutupan rekening itu mengharuskan pembayaran lebih dari bulanan. misalnya per bulan penggunaan rp 100rb per bulan, dikenakan rp 159rb
2. jika yang menutup bukan pemilik rekening, diperlukan surat kuasa, dengan meterai 6000
3. jika menggunakan autodebet pastikan rekening tagihan nomor tersebut ada untuk memastikan bahwa autodebet sudah memotong
4. setelah melakukan penutupan, Telkomsel akan mengirimkan surat billing summary ke alamat yang tercantum di rekening, (alamat kantor atau rumah)
5. pastikan ktp asli pemilik rekening, ktp asli yang diberi kuasa, billing summary, surat kuasa meterai 6000, tagihan autodebet kartu kredit/rekening
bagaimana Telkomsel mengambil uang penutupan rekening ?
1. pertama prosedur untuk pencairan uang selisih tidak disampaikan dari pertama, hal-hal yang diperlukan. sehingga uang transport saudara jadi lebih besar atau sama dengan atau menyebabkan selisih uang yang diambil jadi sedikit setelah dikurangi uang transport
2. mari kita hitung, rekening autodebet itu biasanya sebulan sekali (berarti bisa lewat bulan, artinya uang biaya penutupan rekening, dibank bisa ada bunganya. jika ada banyak orang yang diperlakukan seperti itu, bersyukur dech, Telkomsel dapat uang bunga)
3. setelah itu harus menunggu billing sumarry, yang pasti makin lama lagi waktunya, berarti jika selisih uang yang harus diambil tidak seberapa dengan ongkos transport kesana, orang itu pasti merelakan uang selisih itu
4. mari kita hitung. jika orang yang berpikir seperti itu ada 200 orang, dengan selisih 50rb, jadi 10.000.000, Telkomsel dapat uang tambahan dari biaya penutupan. jika lebih banyak lagi, tentu makin besar
5. jadi beginilah caranya Telkomsel mendapat uang tambahan dari biaya penutupan
6. dalam kasus saya, ongkos transport saya kesana, itu 30.000 sekali jalan. uang selisih 63rb-an, dan kasus belum selesai. saya sudah dua kali kesana 60rb sama dengan uang selisih, jika sekali lagi kesana, berarti ongkos transport sudah lebih besar daripada uang selisih.
pelajaran :
sebuah usaha ternyata dapat mempergunakan prosedur customer service untuk mengambil uang nasabah/customer/pelanggan atau sistem yang tidak jelas ketentuannya.
sehubungan dengan hal ini, maka saya sarankan untuk membuat customer service dengan tulus, dengan tujuan untuk menyenangkan pelanggan/customer/pelanggan. baik dari kecil sampai besar.
berarti perlombaan customer service itu bukanlah dengan jiwa yang tulus untuk menyenangkan pelanggan/customer/nasabah. saya jadi ragu kenapa kartu halo mendapat ICSA awarad http://www.icsa-indo.com/winner/icsa_2014.html dan saya mendapatkan pengalaman yang tidak menyenangkan. apakah ICSA yang ngaco atau Telkomsel yang ngaco ????????
Tawaran : dengan pengalaman saya dengan beberapa kasus customer service, saya memberikan pelatihan mengenai customer service yang baik bagi perusahaan. saya memberikan pelatihan yang melayani denga tulus, yang akan berhubungan dengan penjualan. silahkan menciptakan customer service yang baik
No comments:
Post a Comment