Saturday 7 March 2015

Pengembangan diri : seri Irene Kharisma Sukandar

Kenyataan :
Kompas, kamis, 5 maret 2015
Menjadi pecatur perempuan Indonesia pertama yang menyandang gelar grand master internasional wanita sejak 2008 membuat Irene Kharisma Sukandar sering berkeliling dunia.
“Pertengahan tahun ini saya akan lanjut S-2 di universitas webster, Amerika Serikat. Saya daoat beasiswa untuk kuliah di bidang hubungan internasional,” ujar mahasiswa Sastra Inggris Universitas Gunadarma

Solusi :
Menjadi seorang ahli dalam satu bidang itu perlu. Contoh diatas adalah catur. Sampai bisa mencapai tingkatan grand master internasional, tidaklah mudah, perlu kerja keras dan latihan dan latihan yang sungguh, dan tidak pernah menyerah. Sebelum mencapai tingkat international, tentu perlu tingkat nasional. Tentu tidak perlu khawatir jika tidak memiliki dana yang cukup. Dengan semangat yang sungguh-sungguh pasti akan tercapai. Yang menjadi titik utama, adalah pemasaran. Agar semua orang melihat dan mengakui keahlian seseorang itu.
Selain itu ada faktor yang harus diperhatikan yaitu pelajaran, dan hal ini Irene sudah menjadi mahasiswa dari Universitas Gunadarma. Jika suatu saat sudah pensiun dari percaturan, maka ia dapat menjadi karyawan/konsultan/usahawati/pelatih catur/dll. Pendidikan tidak hanya didapat dari bangku sekolah. Pendidikan adalah sebuah cara untuk bertahan hidup. Setelah keahlian yang ada tidak dapat diandalkan lagi dalam menunjang kehidupan.
Satu hal yang harus dilakukan dari kecil adalah menabung. Karena itu faktor yang bisa menghidupi kehidupan. Menabung itu artinya mengaktifkan uang tabungan untuk menghasilkan lebih dari yang disimpan. Itu bisa ikut asuransi (banyak dipasaran seperti Prudential, Manulife, Allianz, Bumiputera, dll); bisa beli emas (seperti Goldgram, Antam, perhiasan, dll); bisa saham; dan jenis investasi yang jangka panjang.


Belajarlah dari orang yang sudah berhasil untuk mengikuti jalannya dan mengadaptasi dengan keadaan saudara. Yang diperlukan adalah ketahanan dan fokus.  #marikitabelajar

No comments:

Post a Comment