Thursday 26 January 2017

harga psikologis

masing masing orang mempunyai harga psikologis
artinya ada harga yang dianggap rasional oleh seseorang, di bidang tertentu, dan mau mengeluarkan uang dengan tanpa berpikir dahulu

contoh : 

saya biasa naik mikrolet dari cipinang ke stasiun jatinegara, dengan harga 4.000

saya bandingkan dengan gojek, harganya juga 4.000 (memakai gopay diskon 50%)

jadi harga naik mikrolet dan naik gojek, sama

maka saya memutuskan naik gojek daripada mikrolet
nilai psikologis saya adalah 4.000 dimana saya mau menghabiskan 4.000 untuk perjalanan itu

kalau lagi perlu naik gojek dari kantor pintu air ke rumah cipinang, harga yang tertera adalah 18.000 ( memakai gopay diskon 50%)

saya bandingkan dengan ubermotor dari kantor pintu air ke rumah cipinang, harga yang tertera adalah 18.500 (tanda ada diskon)

saya memilih gojek, karena lebih murah, walau dengan gopay dan gojek, sudah memperkenalkan gopoint, menjadi suatu alat loyalty reward kepada pengguna
nilai psikologis saya adalah 18.000 dimana saya mau menghabiskan 18.000 untuk perjalanan itu

jadi coba tentukan nilai psikologis kamu dalam berbagai bidang

contoh lagi, saya mau menghabiskan uang untuk smartphone, paling besar 2.000.000, 
saya tidak akan pernah membeli iphone dkk, dengan nilai lebih dari 2.000.000, meskipun itu dengan spek bagus

belajarlah untuk menulis dan merenungkan harga psikologis kamu

 

No comments:

Post a Comment