Sumber : arti masing masing kata dari kamus untuk customer
service dalam bahasa inggris dan indonesia.
customer : someone
who buys goods or services from a business atau a person atau who has a particular
quality. pelanggan
adalah orang yang membeli (menggunakan dan sebagainya) barang (surat
kabar dan sebagainya) secara tetap. service
: the act of serving: as a :
a helpful act. purnajual adalah pelayanan
penjualan lebih lanjut setelah transaksi, termasuk pemberian garansi; pasca jual.
Analisa : salah satu arti dari pelanggan/customer
adalah seseorang yang memiliki kualitas tertentu, yang membeli barang atau jasa
dari orang lain. Dengan kata lain, pada saat suatu institusi atau perusahaan
atau orang, berbicara customer service, harusnya berbicara kualitas. Dari pengalaman
saya, saya memiliki kualitas di setiap barang atau jasa, untuk dikatakan bagus,
lumayan, buruk. Saya juga mengamati orang lain (keluarga, teman sekantor, teman
ngobrol, dll), mereka semua mempunyai kualitas masing masing, ada yang sama dan
ada yang beda. Saya memilih suatu produk atau jasa, dengan membandingkan
customer service atau kualitas dengan harga.
Kita ambil contoh pengalaman saya dari rumah ke
kantor. Saya ada beberapa pilihan, naik mikrolet, naik kereta, jalan kaki. Atau
naik gojek, grabbike, uber motor, gocar, uber mobil, grabcar, taxi reguler,
busway,dll. Jadi saya bisa punya perbandingan, yang paling murah dan atau
paling nyaman. Buat saya jika kualitas dan harga sebanding, maka saya sebut
harga psikologis. Itulah yang akan saya ambil.
Ternyata rumus itu, ada kalanya tidak dipakai oleh
orang orang disekitar saya. mereka mempunyai pertimbangan lain lagi. Contoh teman
saya hanya memakai satu aplikasi uber dan tidak mau install grab untuk
perbandingan, karena handphonenya kaga kuat alias lemot. Istri saya, lebih
menilai mudah atau sulitnya, penting atau tidak penting, dalam berhubungan
dengan produk atau jasa.
Jadi banyak faktor dalam menilai kualitas dan harga
suatu produk atau jasa.
Bagaimana solusi akan hal ini ? tentu produk atau jasa
kamu mau laku di pasaran dan bersaing dan bahkan berkembang terus. Dari dua
faktor ini, adalah kualitas yang perlu ditingkatkan, terlepas dari harga. Karena
harga rumusnya sesederhana hitungan, yaitu biaya bulanan yang harus dibayar
dikurangi pendapatan, terdapat selisih, dan selisihnya diatur sedemikian rupa
untuk macam macam. Artinya jika itu tercapai maka produk atau jasa kamu,
menghasilkan keuntungan.
Jadi fokus untuk meningkatkan kualitas sehingga
menjadi booming di pasaran. Harga akan mengikuti.
Pertanyaan ttg
kesuksesan : pernahkah saya menilai kualitas dan harga produk atau jasa saya ?.
salam sukses. Konsultasi : email iceliptontea@gmail.com
(subjec : konsultasi)
No comments:
Post a Comment