Friday, 23 September 2016

Pelajaran tentang kesuksesan : customer service dan harga


Sumber : arti masing masing kata dari kamus untuk customer service dalam bahasa inggris dan indonesia.
customer : someone who buys goods or services from a business atau  a person atau who has a particular quality. pelanggan adalah orang yang membeli (menggunakan dan sebagainya) barang (surat kabar dan sebagainya) secara tetap. service : the act of serving: as a :  a helpful act. purnajual adalah pelayanan penjualan lebih lanjut setelah transaksi, termasuk pemberian garansi; pasca jual.

Analisa : salah satu arti dari pelanggan/customer adalah seseorang yang memiliki kualitas tertentu, yang membeli barang atau jasa dari orang lain. Dengan kata lain, pada saat suatu institusi atau perusahaan atau orang, berbicara customer service, harusnya berbicara kualitas. Dari pengalaman saya, saya memiliki kualitas di setiap barang atau jasa, untuk dikatakan bagus, lumayan, buruk. Saya juga mengamati orang lain (keluarga, teman sekantor, teman ngobrol, dll), mereka semua mempunyai kualitas masing masing, ada yang sama dan ada yang beda. Saya memilih suatu produk atau jasa, dengan membandingkan customer service atau kualitas dengan harga.

Kita ambil contoh pengalaman saya dari rumah ke kantor. Saya ada beberapa pilihan, naik mikrolet, naik kereta, jalan kaki. Atau naik gojek, grabbike, uber motor, gocar, uber mobil, grabcar, taxi reguler, busway,dll. Jadi saya bisa punya perbandingan, yang paling murah dan atau paling nyaman. Buat saya jika kualitas dan harga sebanding, maka saya sebut harga psikologis. Itulah yang akan saya ambil.
Ternyata rumus itu, ada kalanya tidak dipakai oleh orang orang disekitar saya. mereka mempunyai pertimbangan lain lagi. Contoh teman saya hanya memakai satu aplikasi uber dan tidak mau install grab untuk perbandingan, karena handphonenya kaga kuat alias lemot. Istri saya, lebih menilai mudah atau sulitnya, penting atau tidak penting, dalam berhubungan dengan produk atau jasa.
Jadi banyak faktor dalam menilai kualitas dan harga suatu produk atau jasa.

Bagaimana solusi akan hal ini ? tentu produk atau jasa kamu mau laku di pasaran dan bersaing dan bahkan berkembang terus. Dari dua faktor ini, adalah kualitas yang perlu ditingkatkan, terlepas dari harga. Karena harga rumusnya sesederhana hitungan, yaitu biaya bulanan yang harus dibayar dikurangi pendapatan, terdapat selisih, dan selisihnya diatur sedemikian rupa untuk macam macam. Artinya jika itu tercapai maka produk atau jasa kamu, menghasilkan keuntungan.

Jadi fokus untuk meningkatkan kualitas sehingga menjadi booming di pasaran. Harga akan mengikuti.


Pertanyaan ttg kesuksesan : pernahkah saya menilai kualitas dan harga produk atau jasa saya ?. salam sukses. Konsultasi : email iceliptontea@gmail.com (subjec : konsultasi)

No comments:

Post a Comment