Pemikiran tentang produk atau jasa kamu : 6 cara untuk
mendapatakan jawaban “YES/iya”
Sumber : seorang profesor psikologi dan pemasaran,
Cialdini mengatakan enam cara untuk membuat orang untuk mengatakan iya pada
setiap kali kamu bertanya. Setiap orang yang menjual sesuatu untuk kehidupan,
online atau offline, seharusnya mengetahui, mencintai, dan menghidupi prinsip
ini :
1.
Prinsip timbal balik (reciprocity); 2. Komitmen dan konsisten (commitment & consistency); 3. Menyukai
(liking); 4. Wewenang (authority); 5. Bukti sosial (social proof); 6.
Kelangkaan (scarcity).
Mari kita lihat
bagaimana kamu dapat membangun beberapa cara ini untuk memicu penjualan kamu
dan pelanggan. https://www.shopify.com/blog/8920983-6-psychological-triggers-that-win-sales-and-influence-customers
Pembelajaran
kamu :
1. Prinsip timbal balik (Reciprocity). Prinsip ini
artinya pada saat seseorang memberikan sesuatu yang menyebabkan kita menjadi
senang, maka kita akan memberikan kembali sesuatu kepada dia. Apakah kamu
pernah ke supermarket dan berakhir dengan memberi sauce yang tidak direncanakan
karena kamu telah mencoba sampel contoh ? baik, itu adalah prinsip timbal balik
yang berjalan.
Tentu produk atau jasa, tidak bisa kerumah
satu per satu, berinteraksi dengan mereka. Jadi bagaimana menggunakan prinsip
ini ?.
1.
hadiah
gratis dengan membeli sesuatu. Contoh kalau beli snack ini, dapat permen
ini. Atau Taktik dalam produk kosmetik
dan kecantikan, selalu menawarkan produk yang berdampingan dengan produk yang
dibeli untuk mendapatkan hadiah. Contoh : Setelah beli foundation, cocok untuk
beli lipstick, agar matching, dan dapat boneka ini.
2.
Hadiah dari topik
tertentu. Suatu produk menawarkan suatu kuis yang menarik, untuk mencapai
produk yang sesuai dengan pakaian mereka. Contoh : salah satu produk sabun cuci
baju, membuat kuis tentang pakaian dengan mencocokan yang sesuai dengan sabun
cuci. Sebuah produk pakaian dalam, menolong wanita untuk mengukur dan gaya beha
mereka. Contoh : bentuk beha yang sesuai dengan ukuran dan gaya dengan payudara
wanita.
Analisa produk/jasa kamu : cobalah untuk menciptakan program
yang ada giftnya. Walaupun kecil tentu akan sangat berguna. Kalau untuk produk
yang baru, tentu program untuk membuat viral, dan banyak orang yang kenal. Untuk
produk yang sudah lama, tentu program untuk mempertahankan pelanggan yang sudah
ada dan repeat order
Pertanyaan yang ada : program apa
yang ada untuk produk atau jasa kamu. Salam sukses pemasaran
No comments:
Post a Comment