Wednesday, 7 September 2016

6 cara untuk mendapatakan jawaban “YES/iya”

Pemikiran tentang produk atau jasa kamu : 6 cara untuk mendapatakan jawaban “YES/iya”

Sumber : seorang profesor psikologi dan pemasaran, Cialdini mengatakan enam cara untuk membuat orang untuk mengatakan iya pada setiap kali kamu bertanya. Setiap orang yang menjual sesuatu untuk kehidupan, online atau offline, seharusnya mengetahui, mencintai, dan menghidupi prinsip ini :
1.    Prinsip timbal balik (reciprocity); 2. Komitmen dan konsisten  (commitment & consistency); 3. Menyukai (liking); 4. Wewenang (authority); 5. Bukti sosial (social proof); 6. Kelangkaan (scarcity).
Mari kita lihat bagaimana kamu dapat membangun beberapa cara ini untuk memicu penjualan kamu dan pelanggan. https://www.shopify.com/blog/8920983-6-psychological-triggers-that-win-sales-and-influence-customers
Pembelajaran kamu :
1.  Prinsip timbal balik (Reciprocity). Prinsip ini artinya pada saat seseorang memberikan sesuatu yang menyebabkan kita menjadi senang, maka kita akan memberikan kembali sesuatu kepada dia. Apakah kamu pernah ke supermarket dan berakhir dengan memberi sauce yang tidak direncanakan karena kamu telah mencoba sampel contoh ? baik, itu adalah prinsip timbal balik yang berjalan.
Tentu produk atau jasa, tidak bisa kerumah satu per satu, berinteraksi dengan mereka. Jadi bagaimana menggunakan prinsip ini ?.
1.      hadiah gratis dengan membeli sesuatu. Contoh kalau beli snack ini, dapat permen ini.  Atau Taktik dalam produk kosmetik dan kecantikan, selalu menawarkan produk yang berdampingan dengan produk yang dibeli untuk mendapatkan hadiah. Contoh : Setelah beli foundation, cocok untuk beli lipstick, agar matching, dan dapat boneka ini.
2.      Hadiah dari topik tertentu. Suatu produk menawarkan suatu kuis yang menarik, untuk mencapai produk yang sesuai dengan pakaian mereka. Contoh : salah satu produk sabun cuci baju, membuat kuis tentang pakaian dengan mencocokan yang sesuai dengan sabun cuci. Sebuah produk pakaian dalam, menolong wanita untuk mengukur dan gaya beha mereka. Contoh : bentuk beha yang sesuai dengan ukuran dan gaya dengan payudara wanita.
Analisa produk/jasa kamu : cobalah untuk menciptakan program yang ada giftnya. Walaupun kecil tentu akan sangat berguna. Kalau untuk produk yang baru, tentu program untuk membuat viral, dan banyak orang yang kenal. Untuk produk yang sudah lama, tentu program untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan repeat order

Pertanyaan yang ada : program apa yang ada untuk produk atau jasa kamu. Salam sukses pemasaran

No comments:

Post a Comment