dalam dunia ini, kita memiliki dua target dalam bisnis untuk sukses dan berkembang.
kedua target ini memerlukan who dan why
who dan why. sebelum kita membahas itu, kita bahas sukses dan berkembang.
menurut ilmu pakar marketing, usaha atau bisnis yang baik, jika usaha kamu sukses dan berkembang.
sukses disini artinya kamu bisa bertahan selama setahun, dua tahun, dan seterusnya. bahwa biaya operasional lebih kecil daripada pendapatan kamu. contoh biaya operasional (10juta per bulan), dan pendapatan (30juta per bulan). keuntungan kamu 20juta per bulan. itu artinya sukses. dan bisa bertahan lama
berkembang artinya usaha kamu, bertambah karyawan, dan usaha itu seiring waktu menjadikan kamu, tidak usah bekerja lagi. usaha itu bisa berjalan sendiri. kata orang otomatis, menjadi mesin uang, yang diperlukan di lihat per bulan. bisa diwariskan kepada anak dan cucu dan cicit dan keturunan keluarga. jadi family bisnis
sebelum itu semua tercapai, kita perlu tahu who dan why yang menjadi langkah pertama untuk sukses dan berkembang
who : ini yang paling penting. waktu dulu saya pernah mengeksekusi produk sepatu ujan, yang mana sekarang mulai dikenal oleh masyarakat. dan waktu itu saya tidak punya teman yang dapat untuk mementor saya untuk sukses dan berkembang. dimana saya belum sepengalaman sekarang. jadi orang orang muda yang punya ide bagus, dan mulai mengeksekusi produk atau jasa itu, carilah seorang mentor yang bisa memberi masukkan kepada kamu. temukan juga komunitas untuk memakai ide atau kamu ada ide sendiri, untuk dijalankan.
who : adalah seorang yang bisa menjadi teman suka dan duka, (beda dengan mentor) dalam perkembangan usaha yang dilakukan oleh kamu, tung dw mengatakan teman sukses (success buddy)
setelah itu kamu punya, mentor dan teman sukses, maka hal selanjutnya yang kamu tuliskan adalah why
why : faktor ini menjadi penting, karena dengan why kamu bisa menjadi sukses dan berkembang.
pertanyaannya kenapa (why) kamu harus sukses dan berkembang ??
harusnya bukan untuk sendiri, melainkan untuk masyarakat atau orang banyak. dengan itulah kamu bisa sukses dan berkembang.
contoh : sebuah usaha masakan di rumah, di garasi rumah, jika tetangga gang saja tidak mau mencoba, bagaimana dengan yang lain dan lebih luasnya ?. untuk membuat tetangga yang tidak suka memasak bisa beli masakan kamu. masakan rumah kamu enak dan berkesan.
kenapa (why) juga berhubungan dengan penguasaan diri dalam keuangan. kecenderungan orang, mau mendapat untung besar dan cepat, yang benar adalah melihat jangka panjang dan konsisten.
jika faktor why dan who bisa ditulis dan dipraktekan kamu, dijamin usaha produk atau dan jasa kamu, pasti sukses dan berkembang
kalau kamu gimana ?
No comments:
Post a Comment