Sumber : seorang profesor psikologi dan pemasaran,
Cialdini mengatakan enam cara untuk membuat orang untuk mengatakan iya pada
setiap kali kamu bertanya. Setiap orang yang menjual sesuatu untuk kehidupan,
online atau offline, seharusnya mengetahui, mencintai, dan menghidupi prinsip
ini :
1.
Prinsip timbal balik (reciprocity); 2. Komitmen dan konsisten (commitment & consistency); 3. Menyukai
(liking); 4. Wewenang (authority); 5. Bukti sosial (social proof); 6.
Kelangkaan (scarcity). Mari kita lihat bagaimana kamu dapat membangun beberapa
cara ini untuk memicu penjualan kamu dan pelanggan. https://www.shopify.com/blog/8920983-6-psychological-triggers-that-win-sales-and-influence-customers
2. komitmen dan konsisten (Commitment &
Consistency)
Prinsip dari komitmen dan konsisten berkata
bahwa orang orang akan berjalan jauh untuk terlihat konsisten dalam perkataan
kalimat dan tindakan, bahkan sejauh melakukan tindakan yang tidak masuk akal.
Kalau kamu mau untuk mencoba perubahan dalam
hidupmu, seperti menurunkan berat badan, akan sangat membantu jika target kamu
diumumkan ke umum. Pada saat kamu umumkan secara luas baik offline ataupun
online, maka kamu punya perhatian lebih untuk mempertahankan tujuannya.
Zappos dikenal karena kebijaksanaan untuk
menukar barang yang mudah. Gesekan menjadi sedikit, bagi para kustomer untuk
membeli karena mereka tahu, kalau mereka kaga suka, mereka dapat menukarnya. Pada
saat barang sudah ada di tangan mereka, apakah mereka bener akan mengembalikan
? kemungkinannya tidak. Mereka sudah berkomitmen.
Sama seperti zappos, carrefour atau
transmart, memiliki kebijakan yang menjamin jika ada harga yang lebih murah
dari mereka dan barang yang sama, akan dibalikkan dua kali lipat. Siapa yang
akan mencek melakukan perbandingan untuk suatu produk ? kemungkinannya tidak
ada. Mereka sudah berkomitmen.
Analisa produk/jasa kamu : ciptakan sebuah kebijakkan
yang bisa dilakukan dan menjaga ketenangan pikiran kustomer dalam membeli.
Pertanyaan
yang ada : bagaimana karakter produk kamu dengan komitmen yang menenangkan
kustomer dalam membeli ?. salam sukses
No comments:
Post a Comment