ini sudah menjadi ilmu yang sejak tahun 1998, saya bergabung dengan perusahaan advertising, namanya media placement/penempatan media
jam sinetron/jam sibuk, tentu lebih mahal, karena dilihat oleh banyak konsumen/pemirsa
jam tidak sibuk/jam pocong, lebih murah karena dilihat sedikit konsumen/pemirsa
itu ilmu jaman dahulu, seharusnya sekarang masih sama prinsipnya dilihat atau didengar banyak orang mahal, hanya dimodifikasi medianya.
saat ini yang digenjot oleh industri media adalah terlihatnya brand/merek suatu produk terus menerus, sampai ke ruang pribadi sekalipun
kalau dahulu adalah televisi,sekarang adalah smartphone. jika kamu ke toilet sekalipun, smartphone bisa dibawa. bisa sambil lihat smartphone.
bayangkan ada orang/lembaga yang bisa mengakses kamera, speaker, mikrophone, kamu, maka orang/lembaga tersebut bisa melihat dan mendengar apapun apa yang kamu bicarakan dan kamu lihat
memang sekarang internet di eksploitasi habis habisan oleh para media kongmelarasi di seluruh dunia
menentukan waktu produk muncul itu sangatlah penting. dan ini berhubungan dengan karakteristik produk kamu.
apakah semakin sering muncul akan menimbulkan keuntungan di benak konsumen ???
tentu tidak, itu semua tergantung dari kualitas dan harga produk atau jasa kamu.
contoh : produk hamburger, yang pertama kali keluar adalah masing masing dari konsumen. kalau dia suka mcdonald, maka itu yang keluar. kalau yang suka ah, maka itu yang keluar. sekarang tinggal berapa banyak orang yang suka produk kami ?.
efektifitas menentukan waktu di konsumen yang tepat dan media yang tepat, tentu merupakan tantangan para PIC media placement
selamat menjadi pemasang iklan yang cerdik dan cermat
No comments:
Post a Comment